16 Desember 2018 | Dilihat: 175 Kali
GUBERNUR LAMPUNG GUNAKAN MOGE CEK TOL LAMPUNG
noeh21
 

HiTvBerita.com – KALIANDA | Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo dan Kapolda Lampung, Irjen Pol Purwadi Arianto mengendarai motor gede (moge) saat mengecek kesiapan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) atau Tol Lampung, Sabtu (15/12/2018).

Tol Lampung ruas Bakauheni-Terbanggi Besar rencananya sudah bisa dilalui pada libur Natal dan Tahun Baru 2019. Ridho memastikan bahwa Tol Lampung ruas Bakauheni-Terbanggi Besar siap untuk diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain Gubernur Lampung dan kapolda, sejumlah pejabat lain turut mengendarai moge ketika mengecek kesiapan Tol Lampung. Di antaranya Wakil Gubernur Lampung, Bachtiar Basri dan Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona.

Rombongan konvoi mengendarai moge dengan menempuh perjalanan pulang-pergi sejauh 150 kilometer. Dimulai dari Mapolda Lampung hingga Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, dan sebaliknya kemudian berakhir di Mahan Agung.

"Kami memastikan dengan benar kesiapan jalan tol ini, memperbaiki mana yang masih kurang untuk disempurnakan, termasuk menyambungkan langsung ke dermaga eksekutif (Pelabuhan Bakauheni). Dengan dibukanya JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi, tentu akan memudahkan akses masyarakat, terlebih dalam waktu dekat akan menghadapi Hari Natal dan Tahun Baru," kata Ridho menambahkan.

Pengoperasian jalan tol diyakini akan mendongkrak perekonomian masyarakat Lampung. Ridho memperkirakan, pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung akan mengalami peningkatan pesat.

"JTTS Lampung akan menjadi tulang punggung sistem logistik nasional, dan secara langsung berdampak terhadap perekonomian Lampung. Ini juga akan meningkatkan kunjungan wisatawan," ungkap Ridho Ficardo.

"Terlebih, keberadaan JTTS Lampung ini akan didukung dengan Bandara Internasional (Radin Inten II) dan Dermaga Eksekutif (Pelabuhan Nakauheni)," lanjut Ridho.
 

Sementara, Kapolda Lampung Irjen Pol Purwadi Arianto memastikan jalan tol siap untuk digunakan saat libur Natal dan Tahun Baru. Ia pun akan menerjunkan personel dari Polisi Jalan Raya (PJR) untuk pengamanan uji coba Tol Bakauheni-Terbanggi.
"Untuk pengamanan Korlantas telah menyiapkan anggota, mobil, dan prasarana penunjang lainnya," ujarnya.

Isu Penerapan tarif Tol Lampung dikabarkan telah berlaku mulai Januari 2019, tersebut beredar di media sosial. Hal tersebut, langsung dibantah Kepala PT Hutama Karya JTTS cabang Bakauheni-Terbanggi Besar. Hanung Hanindito memastikan bahwa informasi mengenai pemberlakuan tarif Tol Lampung pada Januari 2019 adalah hoaks alias tidak benar.
“Tidak benar informasi tersebut. Tarif tol masih menunggu SK dari Kementerian PUPR,” kata Hanung Hanindito.

Saat ini PT Hutama Karya sedang mempersiapkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) atau Tol Lampung bisa beroperasi penuh sepanjang 140 kilometer (km), dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar.

Hanung Hanindito mengungkapkan, pihaknya sedang mempersiapkan agar Tol Lampung sepanjang 140 km dapat beroperasi penuh pada liburan Natal dan tahun baru mendatang.
“Kita sedang mengusahakan agar pada saat pelayanan Natal dan tahun baru, JTTS ruas Bakauheni-Terbanggi Besar bisa beroperasi penuh,” pungkas Hanung.

VERTI

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077