25 Desember 2018 | Dilihat: 328 Kali
LAPAN BANTAH DENTUMAN MISTERIUS BERASAL DARI UJI COBA ROKET
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Suara dentuman misterius terdengar beberapa hari terakhir di Cianjur dan Sukabumi. Dentuman itu terjadi tengah malam hingga dini hari. Beberapa warga yang mendengar sempat mengira suaranya berasal dari bunyi petasan.

Yogi Rahiman, warga Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi mengaku bebedapa kali mendengar suara dentuman. Dia awalnya mengira suara itu berasal dari petasan yang dimainkan sekelompok orang.


"Sejak Senin (24/12/2018) dengarnya, sampai tadi malam hingga sekitar jam 03.00 WIB dinihari tadi masih ada. Kalau siang enggak ada bunyi dentuman, saya kira awalnya bunyi petasan yang sedang dimainkan jarak waktu antar bunyi tidak konstan," kata Yogi, Selasa (25/12/2018).

Suara dentuman tersebut membuat panik warga. Selain di Cianjur dan Sukabumi, suara dentuman juga dikabarkan terdengar di Garut.

E Deni Nuryadi, warganet Cianjur yang juga anggota DPRD Cianjur Komisi IV juga mengaku mendengar suara dentuman itu Selasa (25/12) dini hari. "Sekitar jam 2 terdengar dentuman cukup besar suara apa yah????" tulisnya.

Terkait dengan dentuman misteriur tersebut, Kapendam 3 Siliwangi Kolonel ARH Hasto Respatyo menyebutkan, suara tersbut berasal dari ujicoba peluncuran roket yang dilakukan Lapan sehingga menimbulkan bunyi dentuman.

Hasto mengatakan dampak dari peluncuran tersebut memang menimbulkan bunyi yang keras. "Ya pasti nyampe (suaranya) karena kan Cianjur ketinggian, itu kan ada berapa desibel, pasti terdengar," kata Hasto.

Dentuman misterius yang terdengar di Cianjur, Sukabumi hingga Garut disebut tidak ada kaitannya dengan bencana alam atau aktivitas gunung berapi.

"Sudah kami kroscek, bahwa ada peluncuran uji roket di Stasiun Lapan di Pameungpeuk, Garut tanggal 23 sampai 27 Desember 2018," ujar Kapendam 3 Siliwangi Kolonel Arh Hasto Respatyo saat dikonfirmasi detikcom via sambungan telepon, Selasa (25/12/2018).

Ditempat terpisah, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) membantah dentuman misterius yang terdengar di Cianjur, Sukabumi hingga Garut berasal dari ujicoba peluncuran roket. Selain dilakukan pagi hari, peluncuran roket pun tak menimbulkan suara keras.

Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengatakan pihaknya memang tengah melakukan ujicoba peluncuran roket di wilayah Pameumpeuk, Garut sejak tanggal 20 Desember. Namun peluncuran dilakukan pagi hari.

"Enggak ada kaitannya. Peluncuran roket kami pagi hari pukul 06.00 WIB hinggal pukul 08.00 WIB," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat dihubungi via telepon genggam, Selasa (25/12/2018).

Lagupula, kata dia, roket yang diluncurkan peneliti LAPAN tidak menimbulkan suara dentuman. Sehingga, dia menyakini dentuman yang terdengar di sejumlah wilayah tersebut bukan dari roket LAPAN.
"Suara roket kan bukan dentuman tapi desis," ucap dia.

Dia menuturkan ujicoba peluncuran roket Lapan tidak hanya dilakukan setiap bulan Desember. Pihaknya juga tak bisa memastikan jumlah roket yang diluncurkan setiap proses ujicoba.
"Jadi enggak ada jadwal khusus (peluncuran). Saya juga belum ada laporan jumlah roket yang diluncurkan (kemarin)," pungkas Thomas.

Soal dentuman keras ini juga disampaikan oleh netizen lainnya. Bahkan dentuman keras juga terdengar di Sumatera Selatan.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077