29 April 2019 | Dilihat: 149 Kali
Dari Arena Munas IV HIKKAPI
LPJ HIKKAPI JADI PERDEBATAN SERU
noeh21
 

HiTvBerita.com - YOGYAKARTA | Musyawarah Nasional IV Hikkapi dibuka dengan resmi oleh Sekditjen Perkeretaapian Kemenhub di Hyatt Regency Hotel, Yogyakarta,  Senin (29/04/2019).

Saat ini peserta Munas sedang melakukan sidang paripurna mengenai Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum DPP Hikkapi yang disampaikan langsung Ir Abdurahman.

Dalam pemandangan umumnya para peserta Munas masih mempertanyakan mengenai kualifikasi anggota.  Dimana DPP harus mampu menyeimbangkan kedudukan bagi anggota.

"Sudah seharusnya,  Anggota yang besar harus membantu yang kecil di daerah agar terjadi pemerataan dan percepatan pembangunan," ucap salah satu peserta Munas.

 


Pernyataan tegas juga datang Ketua DPD Jawa Timur S Heru Sancoko, agar Hikkapi lebih profesional dan lebih transparan lagi. 

"Ir Abdurahman boleh jadi Ketua Umum lagi namun harus mampu membawa perubahan bagi Hikkapi kedepan. Dan yang tidak kalah pentingnya lagi mengenai keuangan harus jelas dan transparan, " ucap Cak Heru panggilan akrabnya. 

Peserta dari DPD Sumut pertanyakan program  pengembangan kapasitas yang dijanjikan DPP yang tidak pernah dikaksanakan. Hal ini merupakan kekhawatiran memgingat persaingan global yang makin massif dan kemungkinan masuknya perusahaan asing di sektor perkeretaapian.

Pendapat senada juga disampaikan DPD DKI Jakarta dan Banten, melalui Ketua DPD I Nengah Suyasa juga menekankan lemahnya kepemimpinan  Abdurahman dalam mengkonsolidasikan hubungan internal maupun eksternal.
"Sepertinya Hikkapi jalan ditempat, hal ini tentu saja membuat anggota resah," ujar Nengah.

Begitu juga DPD Jabar, Waisto mempertanyakan manfaat jadi anggota Hikkapi. Ketidakjelasan ini membuat beberapa anggota malah mengundurkan diri. Begitu juga dengan akuntabilitas laporan keuangan yang diragukan.
"Akuntabilitas laporan keuangan Hikkapi tidak jelas,  sehingga alur pendanaanpun patut dipertanyakan, " ucapnya.

Disisi yang lain,  DPD Jateng dengan keras mengingatkan pentingnya peningkatan kemampuan komunikasi  organisasi hikkapi dengan instansi pemerintah maupun instansi terkait lainnya.
"Hikkapi harus selalu bersinergi dengan pihak Pemerintah terutama Kemenhub. Jika perlu harus bangun sinergitas yang baik dengan Ditjen Perekeretaapian dan instansi lainnya," pungkasnya.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077