15 Januari 2019 | Dilihat: 133 Kali
LPSK DIHARAPKAN TETAP BERPIHAK KEPADA SAKSI-KORBAN
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Hasto Atmojo Suroyo resmi menjadi Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) yang baru, menggantikan Abdul Haris Semendawai. Pengangkatan 7 anggota LPSK itu dilakukan berdasarkan Keppres Nomor 232/P/2018 pada 26 Desember 2018.

Pembacaan sumpah ketujuh anggota LPSK digelar di Ruang Utama Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/1/2019). Untuk itu, LPSK diharapkan tetap di jalur dalam memberikan rasa aman bagi para saksi dan korban.

"Semoga jadi nakhoda yang membawa LPSK ke tempat tujuan yang indah yang diidam-idamkan oleh saksi dan korban," ucap Abdul Haris dalam sambutannya di acara pisah-sambut pimpinan LPSK di kantor LPSK, Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (15/1/2019).

Abdul Haris mengaku sebagai salah satu orang yang turut memperjuangkan Undang-Undang Perlindungan Saksi dan Korban. Dia pun berharap pimpinan yang baru tetap berpegang pada aturan itu.


"Kenapa waktu itu masyarakat menghendaki UU ini dibentuk karena adanya kasus yang tidak terungkap dan saksi korban yang tidak berani memberikan keterangan kemudian perlu dibentuk UU perlindungan saksi dan korban," ucap Abdul Haris.

Sementara itu, Hasto mengaku akan mengemban mandat itu, dengan tetap berkomitmen menjalankan amanah sampai akhir masa jabatan.

"Kita umpamakan sebagai rakit dari bambu, mulai perjalanan dengan rakit kemudian ketika berganti kepemimpinan yang baru tahun 2013-2018, rakitnya sudah jadi perahu dan sekarang ini rakit dan perahu ini jadi kapal yang lumayan besar. Dan kami bertujuh mendapat kepercayaan dari negara untuk memimpin lembaga yang sudah jadi kapal yang besar ini," kata Hasto.

Nama-nama pejabat baru LPSK periode 2019-2024:

Ketua LPSK
Hasto Atmojo Suroyo

Wakil Ketua LPSK

Brigjen Pol (Purn) Achmadi
Antonius Prijadi Soesilo Wibowo
Edwin Partogi Pasaribu
Livia Istania DF Iskandar
Maneger Nasution
Susilaningtias


MUST KEY

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077