19 Desember 2018 | Dilihat: 560 Kali
Pemred HiTvBerita.com: AYS Prayogie
MASUK FORMATUR DEWAN PERS INDEPENDEN
noeh21
#Mubes Pers Indonesia Independen
 

HiTvBerita.com – JAKARTA | Perhelatan akbar insan Pers berupa Musyawarah Besar (Mubes) Sekretariat Bersama (Sekber) Pers Indonesia dihadiri sekitar 3000 peserta dari berbagai media baik cetak maupun media online di 34 Provinsi berlokasi di Gedung Sasono Budaya, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (18/12/2018) siang.

Antusias mereka menghadiri Mubes dengan satu tujuan agar nasib para kuli tinta mendapat perhatian dan perlakuan yang adil dari Pemerintah yang dalam hal ini Dewan Pers. Dinyatakan bahwa kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat dan menjadi unsur yang sangat penting untuk menciptakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis, sehingga kemerdekaan mengeluarkan pikiran dan pendapat sebagaimana tercantum dalam Pasal 28 Undang-undang Dasar 1945 harus dijamin. 


PIMPINAN SIDANG MUBES: Lasman Siahaan SH MH, saat membacakan hasil Tim Formatur Perwakilan yang berasal dari unsur wartawan, pengurus organisasi pers serta pengelola perusahaan pers dari seluruh Indonesia, untuk mempersiapkan mekanisme Kongres DPI Pertama pada Februari 2019 mendatang. (dok.foto/yoedi/othone/hitv)  

Salah satu keputusan dalam Mubes Sekretaris Bersama Pers Indonesia diantaranya membentuk Dewan Pers Independen. Dimana keputusan diambil berdasarkan Undang-Undang Nomor: 40 Tahun 1999 dalam BAB V Tentang Dewan Pers Pasal 15 ayat (1) Dalam upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan meningkatkan kehidupan pers nasional, dibentuk Dewan Pers yang independen.


Perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta, turut mensukseskan kegiatan Mubes Pers yang digelar di Gedung Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (18/12/2018), yang diperkirakan dihadiri oleh 2000-an lebih  peserta,  yang mewakili media massa maupun organisasi pers dari seluruh Indonesia. (dok.foto/othone/yoedi/hitv)

Dalam menentukan siapa saja yang duduk sebagai anggota Dewan Pers Independen, peserta Mubes sepakat dengan menggunakan mekanisme Formatur. Dimana telah terpilih 45 anggota formatur, yang terdiri dari perwakilan Organisasi Pers yang tergabung dalam Sekber Pers Indonesia, unsur Pemilik Media, unsur pemerhati Pers dan unsur Wartawan serta tidak ketinggalan pula perwakilan dari tiap-tiap Provinsi.

Dari 45 anggota Formatur, masuk nama AYS Prayogie yang mewakili unsur dari provinsi DKI Jakarta, yang telah disepakati bersama oleh Pemilik Media, pemerhati Pers dan unsur Wartawan yang berdomisili di Jakarta.


AYS Prayogie terpilih menjadi Ketua Tim Formatur Perwakilan Provinsi DKI Jakarta, yang terdiri dari unsur perwakilan organisasi pers, perusahaan pers, pemerhati pers, dan juga unsur pekerja pers. (dok.foto/hitv/yoedi) 

Terpilihnya Prayogie masuk untuk mewakili DKI Jakarta, karena dianggap mampu membawa aspirasi yang akan disampaikan dalam rapat formatur nanti. Sebagai Pemimpin Redaksi HiTvBerita.com, yang beralamat di Graha Hijrah Insani dikawasan Ciracas Jakarta Timur, tentu saja dapat membawa harapan besar bagi kawan-kawan Pers.

“Sebagai anggota formatur, saya memiliki tanggungjawab yang tidak ringan. Dimana harus bisa menentukan dan memilih anggota Dewan Pers Independen secara obyektif, sesuai dengan keinginan dan aspirasi kawan-kawan media di Jakarta,” pungkas Yogie panggilan akrabnya.

YOEDIE 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077