13 Desember 2018 | Dilihat: 251 Kali
NARKOBA JENIS BARU, BERBENTUK GANJA CAIR DARI BIJI CANNABIS SATIVA
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Narkotika jenis baru berbentuk cair dari biji ganja yang termasuk jenis Cannabis Sativa berhasil ditemukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan menyita empat kardus yang berisikan 22 botol minyak ganja cair dan empat botol bermerk Hemspees. Bahkan temuan tersebut telah melewati pemeriksaan di Laboratorium BNN.

"Ini adalah barang yang baru kita temukan berupa minyak ganja atau lebih tepatnya minyak dari niji Cannabis Sativa," ujar Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari di Kantor BNN, Jakarta Timur, Rabu (12/12/2018).

Arman menuturkan, dari hasil pemeriksaan, ganja cair mengandung dua zat kimia yakni Canabidiol dan Dronabinol. Kedua zat tersebut merupakan New Psycoaktive Substances (NPS) atau narkotika jenis baru.

"Sayangnya dua zat itu (Canabidiol dan Dronabinol) belum masuk dalam Undang-undang Narkotika dan kedua cairan yang kita sita ini belum dimasukkan dalam tabel 1,2,3 di dalam lampiran Undang-undang Nomor 35 tentang narkotika," papar Arman.

Seperti narkotika pada umumnya, efek yang pada tubuh berupa efek halusinogen, adiktif dan pengaruh lain yang ada pada ganja.
 
Narkotika jenis baru berbentuk cair dari biji ganja yang termasuk jenis Cannabis Sativa
Bentuk Narkotika jenis baru berbentuk cair dari biji ganja yang termasuk jenis Cannabis Sativa

Arman menambahkan, saat ini pihaknya dengan mendalami kasus penemuan narkoba jenis baru yang belum masuk dalam Undang-undang Narkotika.

"Zat-zat baru narkoba belum semua masuk ke dalam UU narkotika, yang sudah masuk 81 baru 65 asisanya akan masuk ke Indonesia ini yang harus dibicarakan bersama bagaimana penanggulangannya," lanjut Arman.

Beberapa waktu yang lalu, Bea Cukai Kantor Pos Pasar Baru meberikan informasi pada BNN tentang adanya kiriman dari Jerman yang diduga narkotika, Rabu (21/11/2018).

"Ada kiriman yang datang dari Jerman, nah ini adalah barang yang baru diketemukan berupa minyak ganja atau lebik tepatnya adalah minyak dari biji dari tanaman Cannabis sativa. Ini dikirim dari Jerman dan dibeli atau belanja lewat online dikirim ke Jakarta," kata Arman.

BNN kemudian menindaklanjuti informai tersebut dengan melakukan controlled delivery bersama Bea Cukai dan petugas Kantor Pos Pasar Baru. Dari hasil penyelidikan tersebut BNN mengamankan sepasang pria berinisial AW dan wanita A.

Meski jenis narkoba baru banyak beredar di Indonesia, Arman menegaskan bahwan jumlah peredaran di Indonesia masih jauh lebih sedikit dari yang terjadi di Tiongkok.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077