24 Desember 2018 | Dilihat: 137 Kali
PENANGANAN KORBAN BENCANA TSUNAMI SUDAH CUKUP BAIK
noeh21
 

HiTvBerita.com – JAKARTA | Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nila F Moeloek menyebut, sistem penanganan bencana, digunakan dengan cara berjenjang di kawasan terdampak bencana tsunami di Selat Sunda. Menurutnya, hal ini karena Provinsi Banten sendiri memiliki cukup banyak Puskesmas yang bisa digunakan untuk penanganan korban.

"Memang Provinsi Banten termasuk yang besar dan dekat dengan DKI Jakarta, jadi Puskesmas juga banyak," ujar Menkes saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit Umum Berkah, Pandeglang, Banten, yang menjadi salah satu tempat penanganan korban tsunami, Senin, 24 Desember 2018.

Ia menjelaskan, korban yang mengalami luka-luka akan terlebih dahulu dibawa ke fasilitas kesehatan primer untuk melakukan penanganan darurat. Jika memang kebutuhan dari korban terbatas, nanti akan dirujuk secara berjenjang hingga ke tingkat provinsi.

"Dan bila perlu kita bisa saling membantu, misal dokter tulang kita bisa minta dari Jakarta dan saya lihat bagus dan ada networking dengan 119," ujar Nila.

Direncanakan, Nila dengan beberapa menteri terkait juga akan mengunjungi korban terdampak di Lampung. Ia mengungkapkan, untuk saat ini baik penanganan di Banten maupun di Lampung, tidak mengalami kendala berarti.
"Kita secara jaringan cukup kuat, jadi kita tidak ada masalah lagi soal itu," pungkasa Nila.

EKA SEFTY

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077