17 Juni 2019 | Dilihat: 282 Kali
PERCEPAT PEMBANGUNAN JALUR KA BANDARA YIA
noeh21
 

HiTvBerita.com - YOGYAKARTA | Guna mempercepat proses Pembangunan Jalur Kereta Api Akses Bandara New Yogyakarta Internasional Airport, Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta telah mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur DI Yogyakarta Nomor : 141/KEP/2019 Tanggal 14 Juni 2019 Tentang penetapan Lokasi Pembangunan Jalur Kereta Api Akses Bandara New Yogyakarta internasional Airport.   

Lokasi Pembangunan Jalur Kereta Api Akses Bandara New Yogyakarta Internasional Airport terletak di Desa Glagah, Desa Kalidengen, Desa Kaligintung, Desa Kulur Kecamatan Temon Kabupaten Kulonprogo, seluas, + 125.872,937 m3 (kurang lebih seratus dua puluh lima delapan ratus tujuh puluh duakoma Sembilan ratus tigapuluh tujuh meter persegi).

Surat Keputusan ini dikeluarkan berdasarkan permohonan yang disampaikan oleh Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa bagian Tengah kepada Gubernur DI Yogyakarta yang langsung ditinjaklanjuti dengan membentuk Tim Persiapan Pengadaan Tanah Untuk Pembangunan Jalur Kereta Api Akses Bandara New Yogyakarta Internasional Airport.

Beberapa waktu sebelumnya, Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Logistik, Multimoda, dan Keselamatan Transportasi Cris Kuntadi menyampaikan agar Ditjen Perkeretaapian dapat mempercepat pembangunan jalur kereta (KA) bandara Yogyakarta International Airport (YIA).
“YIA sudah operasi dan saat ini ada delapan pergerakan dari empat penerbangan plus extra flight Garuda Indonesia,” jelas Cris di Kulonprogo, Jumat (07/06/2019) setelah meninjau integrasi moda transportasi di Kulonprogo.

Untuk itu, akses layanan pemadu moda dari dan ke bandara sudah perlu ditingkatkan untuk mempermudah pengguna jasa penerbangan.
“Dengan mempercepat pembangunan jalur KA bandara diteruskan sampai bandara, maka antarmoda akan lebih nyaman,” pungkasnya.

Angkutan moda lanjutan (antarmoda) KA yang terdukung oleh KA bandara, Pramex, Solex, dan Joglosemarkerto saat ini berhenti di stasiun Wojo.

Waktu tempuh KA dari Yogyakarta dituturkan Cris, sekitar 40 menit dengan harga tiket Rp30 ribu per penumpang.
“Selanjutnya dari Stasiun Wojo sambung DAMRI menuju Bandara dengan harga Rp10 ribu (waktu tempuh 10 menit),” ungkap dia.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077