14 Januari 2019 | Dilihat: 582 Kali
Punguan Pomparan Ompu Raja Idaon Siahaan
RAYAKAN TASYAKURAN TAHUN BARU DAN NATAL DI ANJUNGAN SULAWESI SELATAN TMII
noeh21
Lasman Siahaan SH, MH tengah memberikan sambutan didepan peserta keluarga yang hadir. (dok.foto/othone)
 

HiTvBerita.comJAKARTA TIMUR | Keluarga Besar yang tergabung dalam “Punguan Pomparan Ompu Raja Idaon Siahaan”  berkumpul bersama dalam suasana persaudaraan yang erat, dalam rangka syukuran pergantian Tahun Baru 2019 sekaligus merayakan Natal bersama, di Anjungan Sulawesi Selatan, Minggu (13/1/2019), Taman Mini Indonesia Indah.

Dalam acara yang dikemas dengan mengangkat thema sentral  “Melalui Syukuran Tahun Baru, Punguan Pomparan Ompu Raja Idaon Siahaan akan Memperbarui Diri Dalam Kehidupan Berkeluarga, Budaya, Sosial dan Persaudaraan” sungguh memiliki makna filosofi yang luas dalam hal turut  menjaga kelestarian tatanan kehidupan sosial. Tidak hanya untuk sesama keluarga saja, tetapi telah turut  “menjaga” nilai luhur persaudaraan pada konteks yang lebih luas lagi dalam bingkai NKRI. 

Hal tersebut disampaikan oleh Drs. Lasman Siahaan SH MH, bahwa budaya yang hidup dalam keseharian masyarakat Indonesia yang beraneka ragam tersebut, menurutnya perlu dijaga nilai kelestariannya.

“Seperti halnya yang kami lakukan pada saat ini adalah semata-mata untuk menjaga itu. Dimana rasa kepedulian tersebut harus tetap terjaga hingga kapanpun. Hal ini penting dilakukan mengingat pengaruh dari perkembangan abad milenial dengan berbagai implikasinya tersebut bisa mengancam terhadap keutuhan persaudaraan,” ujar Lasman.

Lebih jauh Lasman Siahaan menuturkan bahwa, perubahan-perubahan tatanan kehidupan sosial yang saat ini ini terjadi seiring dengan perkembangan era digitalisasi yang begitu pesat. Disatu sisi telah membawa dampak positif, namun pada sisi lainnya “kemajuan yang pesat dalam era digitalisasi” itu justru bisa membawa pengaruh buruk dalam kehidupan sosial budaya dan juga persaudaraan yang sudah terbangun selama ratusan tahun.

“Budaya kita ini masih sangat relevan dengan cara “tatap muka” dan itu akan kita jaga hingga kapanpun, dimana perubahan tatanan interaksi sosial yang terjadi di medsos saat ini jika tidak dicermati secara arif, akan mengancan terhadap keberlangsungan kehidupan tatanan sosial kita yang sudah terbangun selama ratusan tahun. Sehingga akibatnya, menjadi tidak penting lagi moment-moment kebersamaan yang seperti tengah kita lakukan saat ini, karena sudah terwakili melalui adanya Facebook, WhatsApp dan juga konten-konten medsos lainnya,” sambung Lasman Sahaan, yang saat ini tercatat sebagai politisi dari Partai Perindo yang akan maju dalam perhelatan Pileg DPRD DKI Jakarta, dari Dapil 6.

Hal senada disampaikan oleh Naek Siahaan, yang merupakan juga sebagai salah satu tokoh penting dalam acara perhelatan itu. Ia sangat mengapresiasi terhadap kehadiran keluarga yang tergabung dalam Ponguan Pomparan Ompu Raja Idaon Siahaan, yang datang tidak hanya seputar daerah Jabodetabek saja. Bahkan menurutnya, ada juga kehadiran mereka yang datang jauh dari Bandung dan Sumatra Utara.

Naek Siahaan
Naek Siahaan (dok.foto/othone)

 “Acara silaturahmi semacam ini semakin membuat hubungan persaudaraan keluarga menjadi lebih kental. Apalagi dalam adat budaya kami bahwa adanya hubungan generasi yang dalam adat budaya Batak disebut Tarombo itu, justru telah mengajari kepada kami sebagai pewaris pelaksana adat menjadi terarah, dalam artian bahwa satu bukti bahwa kita yang berada dalam satu marga itu adalah satu darah” ujar Naek Siahaan.

Lebih jauh dijelaskan bahwa, banyak budaya adat Batak yang masih dijalankan dalam kehidupan sehari-hari yang memang seharusnya dijaga kelestariaanya. Dimana dalam melaksanakan adat istiadat tersebut yang hanya dapat dilakukan oleh keluarga sedarah dan tidak bisa diwakilkan kepada yang bukan katagori tersebut. Hal seperti itu menurut Naek Siahaan masih terjaga keberadaannya dan masih berlaku hingga saat ini juga untuk masa yang akan datang.

Naek Siahaan berharap, acara tahunan ini akan terus di gelorakan dan akan lebih banyak lagi melibatkan anggota keluarga sedarah lainnya ikut berkumpul secara tatap muka pada masa-masa yang akan datang.
Yog/othone
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077