08 Januari 2019 | Dilihat: 270 Kali
SUKABUMI DIGOYANG GEMPA
noeh21
 

HiTvBerita.com - SUKABUMI | Gempa berkekuatan magnitudo 5,4 terjadi di Kota Sukabumi, Jawa Barat, sekitar pukul 16.54 WIB, Selasa (8/1/2019), namun gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Pusat gempa berada di koordinat 7,85 Lintang Selatan dan 106,48 Bujur Timur atau 113 km barat daya Kota Sukabumi, Jawa Barat. Gempa ada di kedalaman 10 km.

Getaran gempa dirasakan merata di sejumlah wilayah. Di Kampung Ongkrak, Desa Pamuruyan, Cibadak, warga panik berlarian ketika gempa mengguncang.

"Begitu terasa getaran gempa, spontanitas saya dan keluarga berhamburan keluar. Tiba di luar ternyata banyak warga lainnya yang sudah lebih dulu menyelamatkan diri karena khawatir terjadi sesuatu, kita berkumpul di sepanjang gang," kata Dedi, warga Cibadak.

Hal serupa dirasakan warga Perum Mangkalaya, Kecamatan Cisaat. Gempa membuat meja dan kursi bergeser.

"Kebetulan sedang ngumpul dengan teman, saya pikir ada yang iseng nendang-nendang meja. Saya baru sadar ada gempa setelah beberapa tetangga bilang ada gempa, kami buru-buru keluar rumah mencari tanah lapang," ujar Denden.

Di Kota Sukabumi, gempa dirasakan selama beberapa detik diiringi bunyi dinding berderak. "Dinding dan atap berderak, tapi hanya beberapa detik. Mau keluar situasi agak hujan, makanya bertahan," kata Fauzi, warga Perum Cibereum, Kecamatan Cibereum.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi Asep Suhendrawan mengaku belum menerima informasi dan laporan kerusakan terkait gempa yang terjadi.

"Saya langsung minta yang piket hari ini untuk memantau informasi yang masuk berikut melakukan koordinasi dengan tiap kecamatan namun hingga sore ini belum ada laporan kerusakan," kata Asep singkat. 
           
OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077