25 Maret 2019 | Dilihat: 231 Kali
TINGKATKAN HUMAN RESOURCES DEVELOPMENT LEWAT TRAINING 3D MINE
noeh21
 

HiTvBerita.com - KENDARI | Carut marutnya pertambangan yang terjadi di Provinsi Sulawesi Tenggara, membuat hampir sebagian masyarakat bergejolak dengan melakukan   penolakan keberadaan tambang yang hampir terjadi disemua daerah pertambangan.

Hal ini mendorong Forum Masyarakat Tambang Sulawesi Tenggara (FORMAT SULTRA) menggelar Training Software 3D Mine bekerja sama dengan PT Global Pratama Solusindo (GPS) yang berkedudukan di Jakarta dan bertindak sebagai provider 3D Mine Indonesia yang digelar di Same Hotel Kendari dari tanggal 25 hingga 27 Maret 2019.

Kegiatan Training 3D Mine ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian FORMAT SULTRA dalam peningkatan Human Resources yang terlibat dalam dunia pertambangan di Sulawesi Tenggara. Dengan harapan kegiatan serupa lebih sering dilakukan agar kearifan lokal dan juga CSR perusahaan dapat memiliki manfaat lebih untuk daerah sekitar aktifitas tambangnya.

"Saat ini salah satu masalah yang kita hadapi adalah Minimnya Human Resources yang ada sehingga kami dari FORMAT SULTRA lebih konsens untuk mendorong peningkatan Human Resources dengan melibatkan Pihak yang memiliki lisensi dan kapasitas pengetahuan untuk ditransfer ke para peserta training ini," tutur Ahmad Faisal.

Beberapa perusahaan pertambangan yang ada di Sulawesi Tenggara ini terlibat sebagai peserta diantaranya, PT Rohul Energi Indonesia (REI), PT Dwi Mitra Sejahtera (DMS) dan PT Makmur Lestari Primatama (MLP) serta PD Aneka Usaha salah satu perusahaan BUMD Kolaka.

Tak ketinggalan pula PT Rekayasa Miner Sejati (Rekminers), PT IFHISDECO dan Mahasiswa Tambang Universitas Haluoleo turut hadir dalam kegiatan tersebut serta Mahasiswa Tambang Universitas 19 November yang taergabung dalam Himapo.

"Kami juga menyampaikan bahwa kegiatan Training 3D Mine perdana ini dibatasi jumlah pesertanya sebanyak 15 orang agar lebih maksimal dan lebih efektif dalam prosesnya dan tujuan peserta dapat benar-benar memiliki waktu dan ruang untuk menerima materi dari trainernya," tambahnya.

Untuk diketahui, Forum Masyarakat Tambang Sulawesi Tenggara (FORMAT SULTRA) salah satu wadah bagi para aktifis yang didirikan oleh para sarjana pertambangan dan juga pemerhati CSR pada tahun 2015 silam di Sulawesi Tenggara.

LIA

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077