21 Februari 2019 | Dilihat: 1867 Kali
Rakyat Bebas Memilih
PRABOWO BERJAYA Di MELBOURNE - JOKOWI MENGUAT Di LONDON
noeh21
 

HiTvBerita.com - MELBOURNE & LONDON| Bagaikan layaknya menonton sebuah pertandingan sepakbola kelas dunia yang selalu dimeriahkan oleh berbagai aksi unik masing-masing para pendukungnya, memang adakalanya fanatisme yang ditunjukan oleh masing-masing pendukung dari dua kubu yang berbeda, bisa menjadi sebuah tontonan yang menghibur. Apalagi jika ada “kisi-kisi” lain yang muncul dari keduanya, dipastikan bisa menjadi obyek pemberitaan menarik, bahkan melebihi dari acara utama itu sendiri.

Seperti halnya yang terjadi dalam debat Capres kedua yang disiarkan langsung dari Hotel Sultan, (17/2/2019) kemarin. Muncul fenomena kemeriahan acara itu tidak saja terjadi pada tatanan sosial masyarakat luas yang ada di wilayah NKRI semata, tapi atmosphere kemeriahannya juga mampu menular hingga ke luar negeri.

Ratusan warga Negara Indonesia (WNI) di  Melbourne, negara bagian Victoria, Australia, telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Capres-Cawapres No Urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Para simpatisan pasangan 02 itu, meyakini bahwa capres pilihannya mampu membawa perubahan bangsa Indonesia kedepan sebagai bangsa yang kuat dan bermartabat.

Disisi lainnya, ratusan pendukung dan simpatisan Nomor Urut 01 yang tergabung dalam BARA –JP London yang berada di Negara Inggris, pada tanggal 17 Februari 2019 kemarin, juga telah sepakat menyatakan sikap politiknya untuk mendukung pasangan Jokowi - Mar’uf Amin kembali memimpin Negara ini berlanjut untuk 2 periode kedepan. 

Terkait dengan sikap dukung-mendukung itu, Alfa Mahardhika Coresponden HiTv di Melbourne, Australia telah melaporkan hasil liputannya berbagai kegiatan di negeri Kanguru menjelang pesta demokrasi pemilihan Capres dan Cawapres 17 April 2019.

Sementara Wartawan senior Hitv Nahor Hutagalung ditugaskan untuk meliput kemeriahan acara “nonton bareng” debat Capres Ronde Ke-2, di Potter Field Park, London. Berikut adalah liputan mereka dari luar negeri!
 
Wartawan HiTv Nahor Hutagalung, saat berada di  Potter Field Park, London - Inggris, dalam rangka meliput kegiatan BARA JP London, Minggu petang 17 Februari 2019. (Dok.foto_nahu/hitv.jpeg).


KEMERIAHAN suasana nobar Debat Capres yang disiarkan langsung dari Hotel Sultan, kawasan Senayan, Jakarta Selatan, (17/02/2019), pada hari Sabtu kemarin, kemeriahaannya tidak saja terjadi di titik-titik kumpul lokasi nobar yang ada di jakarta dan juga wilayah lainnya di seluruh wilayah Indonesia semata.  

Karena dibelahan planet bumi yang berbeda, persisnya di Potter Field Park, London. Pada hari Minggu tanggal 17 Februari 2019, sekitar pukul 02.00 siang waktu setempat, kemeriahan nobar debat Capres kedua yang disiarkan secara langsung itu, sepertinya “gegap gempita” yang terjadi disalah satu bagian sudut kota, di Negara berjuluk “The Sun Never Sleep” tersebut, justru keseruanya tak kalah menarik dengan yang terjadi ditempat lain.
 
Kegiatan Nobar yang di-inisiasi oleh BARA JP London itu, sekaligus diisi dengan kegiatan pernyataan sikap dari BARA JP London, yang meng-klaim beranggotakan ratusan orang yang terdiri dari para pekerja dan pelajar asal WN Indonesia yang tinggal di Kota London dan juga wilayah sekitarnya.

Dimana mereka telah sepakat untuk mendeklarasikan sebuah pernyataan sikap dukungan yang akan diberikan kepada pasangan Ir Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2019-2024.

DALAM paparan yang disampaikan oleh Ketua BARA-JP London, Jenny Collier dihadapan ratusan orang anggotanya. Ia mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia yang berada di kota London dan juga masyarakat yang tinggal disekitar kota itu, untuk memilih pasangan Nomor Urut 01. Alasannya, menurut Jenny karena kepemimpinan Presiden Joko Widodo dalam mengelola Negara Indonesia sudah terbukti banyak melakukan perubahan-perubahan yang signifikan dan juga positif.
 
“Telah terbukti dengan kepemimpinan Bapak Jokowi, bisa membawa harum bangsa Indonesia bahkan atas kepemimpinannya beliau, Negara Indonesia kini menjadi negara yang disegani oleh Negara-negara yang ada di Asia maupun di Eropa, karena bangsa kita dianggap saat ini sebagai bangsa yang besar,” terangnya kepada HiTv.

Setelah deklarasi, BARA-JP London melanjutkan dengan acara makan bersama yang diadakan di Restaurant MELUR, yang terkenal dengan sajian menu masakan khas Indonesia yang juga sudah digemari oleh lidah warga asli setempat. Dalam acara ramah tamah tersebut, Sekjen BARA JP London, Herberth Sinaga juga memberikan pesan kepada seluruh peserta yang hadir, agar tetap semangat memberikan masukan kepada keluarga dan juga teman-teman yang berada di tanah air, guna mendukung Presiden Jokowi untuk melanjutkan semua programnya hingga dua periode. Dan, himbauan Sekjen BARA JP London pun disambut yel-yel meriah dari peserta yang hadir dengan penuh sikap optimism tinggi.

***

DITEMPAT berbeda, di Melbourne yang letaknya berada di negara bagian Victoria, Australia, adalah sebuah kota yang juga banyak dihuni oleh WN Indonesia. Bahkan tidak sedikit asal Negara Indonesia yang tinggal disitu dan kini sudah menjadi permanent resident atau penduduk tetap Victoria namun masih berpaspor Indonesia.

Sekumpulan masyarakat Indononesia yang menamakan diri dalam wadah “Koalisi Rakyat Prabowo-Sandi Untuk Indonesia” pada Minggu (17/2/2019) waktu setempat, telah menyatakan dukungan kepada pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 2. Yakni, Prabowo untuk pasangan Subianto- Sandiaga Uno.

Acara yang mereka beri nama, Deklarasi Koalisi Rakyat Prabowo Sandi Untuk Indonesia ini, digelar di Federation Square, pusat kota Melbourne, yang merupakan sebagai kota terbesar kedua di Negara Australia.

Tak seperti di Indonesia, pemungutan suara pada 17 April 2019, akan dilaksanakan selama enam hari. Yaitu, dimulai pada tanggal 8 April hingga tanggal 14 April 2019, tetapi penghitungannya tetap sama, yakni dilaksanakan pada 17 April 2019.

 Berdasarkan data yang dipaparkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Melbourne, jumlah total pemilih yang tercatat saat ini adalah sebanyak 15.857 orang. Angka itu terdiri dari pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) 12.506 orang, Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 75 orang, Daftar Pemilih Khusus (DPK) 832 orang, dan DPKTb 2.444 orang.

Sementara itu, pengguna hak pilih DPT 3.577 orang, DPTb 77 orang, DPK 317 orang, dan DPKTb 1.098. Sedangkan jumlah pemilih warga Indonesia yang telah terdaftar di negara bagian New South Wales, Queensland, dan South Australia berjumlah 23.367 orang.

Dilaporkan oleh:
Alfa Mahardhika Jurnalis Coresponden HiTv dari Melbourne- Australia. Dan, wartawan Lipsus HiTv, Nahor Hutagalung dari Potter Field Park – London- England.

 

 

Terkait

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077