21 Desember 2018 | Dilihat: 305 Kali
NARA RAKHMATIA SI DIPLOMAT CANTIK
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Parasnya yang cantik ini pernah menjadi buah bibir, Nara Masista Rakhmatia sedang menjadi buah bibir. Diplomat muda yang menjadi juru bicara Indonesia di Sidang PBB ke-71 di New York, dengan tegas membacakan pidato yang mengritik kepala negara dari beberapa negara di Kepulauan Pasifik.

Berawal dari pidato delegasi dari Kepulauan Solomon,Vanuatu, Nauru, Kepulauan Marshall, Tuvalu, dan Tonga menyatakan bahwa terjadi pelanggaran HAM di Papua Barat, serta mendesak pemerintah Indonesia untuk membiarkan Papuan Barat menentukan nasibnya sendiri.

Saat itu, Nara Masista Rakhmatia, dalam pidatonya mewakili pemerintah Indonesia, menyatakan bahwa perwakilan dari negara-negara tersebut telah menyalahgunakan sidang majelis PBB dengan menyoroti persoalan yang menjadi wewenang negara lain, untuk mengalihkan persoalan domestik mereka sendiri. Pernyataan negara-negara tersebut mengarah kepada dukungan terhadap gerakan separatis, dan itu merupakan pelanggaran kedaulatan serta teritori negara.

Pidatonya tersebuta langsung menjadi viral, pujian yang dilayangkan kepada Nara Masista Rakhmatia berdatangan. Media-media Indonesia dengan bangga mengangkat berita ini sebagai perayaan suara Indonesia di kancah internasional. Sang diplomat cantik dengan berani melawan tuduhan negara lain terhadap Indonesia.

Kiprahnya sebagai diplomat muda mulai April 2016, Sarjana Hubungan Internasional dari Universitas Indonesia (UI) itu menduduki jabatan Sektetaris II (second secretary) Permanent Mission di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia untuk PBB. Sebelumnya, Nara Rakhmatia mengisi pos sebagai Sekretaris III (third secretary) di tempat yang sama.
 

Sebelum merintis karier diplomatik di Kemlu, Nara Rakhmatia  mengabdikan diri sebagai asisten peneliti di Center for East Asia Cooperation Studies (2006-2007) dan asisten dosen (2005-2006) di almamaternya. Kiprah Nara Rakhmatia di bidang riset diperkuat dengan keterlibatannya sebagai peneliti di peneliti CERIC (Center for Research on Inter-group Relations and Conflict Resolutions).

Selama kuliah, Nara Rakhmatia aktif di Senat Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Ia pernah menjabat sebagai Head of Legislative Issues (2005-2006). Nara juga tercatat pernah menjadi mahasiswa Diploma III di UI jurusan Media dan Komunikasi Massa.

University of St. Andrews menjadi kampus pilihan Nara Rakhmatia sebagai tempat melanjutkan studi pascasarjana. Di sini, ia meraih gelar Master of Letters (M. Litt) dalam studi perdamaian dan konflik pada 2010. Wanita yang akan genap berusia 34 tahun pada Desember ini juga mengambil pendidikan lanjutan di bidang Studi Komunikasi dan Media di Georgetown University pada 2012.

Setelah bergabung dengan Kemlu, alumnus SMA 70 Jakarta itu ditempatkan di Direktorat Kerjasama Antar Kawasan pada Direktorat Jenderal Urusan Asia Pasifik dan Afrika. Di Kemlu, spesialisasinya adalah Organisasi Kerjasama Ekonomi Asia Pasific APEC. Nara Rakhmatia juga sempat menjabat Head of Section for The Budget and Management Committee (BMC) APEC sebelum dikirim ke New York untuk menjadi Diplomat Indonesia di PBB.

Di sela kesibukannya menjadi diplomat, Nara Rakhmatia menaruh perhatian besar pada isu anak-anak, seni dan budaya, hak asasi manusia (HAM), serta pendidikan.

Biodata :

NANA RAKHMATIA MASISTA


Riwayat Pendidikan

2012 – 2012 Communication and Media Studies, School of Continuing Studies, Georgetown University
2009 – 2010 S-2 Peace and Conflict Studies University of St. Andrews
2002 – 2006 S-1, Hubungan Internasional Universitas Indonesia
2000 – 2003 DIII, Komunikasi Massa/Studi Media - Penyiaran Universitas Indonesia

Riwayat Karier

April 2016 - sekarang Second Secretary Misi Permanen RI untuk PBB di New York
Januari 2008 - sekarang Foreign Service Officer, Kementerian Luar Negeri
Januari 2014 – Maret 2016 Third Secretary Misi Permanen RI untuk PBB di New York
Oktober 2006 – Desember 2007 Asisten Program Center for Research on Intergroup Relations and Conflict Resolutions, Universitas Indonesia
2006-2007 Asisten Peneliti Center for East Asia Cooperation Studies, IR Department, Universitas Indonesia
2005-2006 Asisten Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia

IDHAM

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077