07 April 2019 | Dilihat: 257 Kali
UKM DAN IKM JADI PRIORITAS UTAMA
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Pemandangan dan aktivitas sehari-hari tak lepas dari berbagai layanan dan barang hasil kreasi pelaku UMKM. Dimulai dengan aktivitas pagi hari ketika sarapan kita mencari bubur atau kue-kue makanan ringan yang dijual UMKM, membeli kebutuhan pokok di warung dekat rumah, sampai menitipkan anak di playgroup terdekat yang juga adalah UMKM.

Adapun di era digital saat ini, bahkan ada pula yang tidak memiliki toko serta hanya memasarkan produknya secara online, dan belum memiliki perizinan usaha. Pelaku usaha dengan karakteristik tersebut dapat ditemukan disekitar kita baik itu saudara, tetangga, teman atau kita sendiri. Namun Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), memiliki kontribusi yang sangat besar dan krusial bagi perekonomian kita secara makro.

Hal tersebut diuraikan oleh Lasman Siahaan SH MH, Caleg DPRD Provinsi DKI Jakarta dari Partai Perindo dapil 6 Jakarta Timur yang meliputi Kecamatan Makasar, Ciracas dan Cipayung serta Kecamatan Pasar Rebo usai melakukan fogging bersama relawannya di Jakarta baru-baru ini.

Membangun Masyarakat Yang Berdaya Saing sebagai misinya tentu saya bukan sesuatu yang sangat sulit, mengingat Lasman memiliki segudang pengalaman di bidang UMKM selain menjadi advokat.

“Melalui pelatihan-pelatihan khusus dibidang UKM dan IKM yang akan dilakukan secara berkala, diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing usaha bagi warga Jakarta, “ujar Lasman yang juga Ketua Umum IPJI.  
 

Mendorong dan membantu masyarakat Jakarta untuk mandiri, lanjut Lasman, dengan memberikan dukungan fasilitas usaha, tempat usaha dan dukungan modal juga menjadi prioritas utama yang akan dilakukan jika terpercaya oleh masyarakat.

"Perhatian khusus dana bergulir untuk modal. Pemberian sarana usaha gerobak dan sejenisnya.
Dukungan kesehatan lingkungan, pemberantasan DBD rutin setiap musim fogging pancaroba  serta sarana perbaikan lingkungan dan akan terus mendorong dukungan perkuatan BPJS, KIP, KJP dan KIS, ungkapnya.

Begitu juga dengan ijin usaha yang selama ini dirasakan agak sulit diperoleh masyarakat, akan dibuatkan peraturan dan regulasi yang sesuai dengan kondisi para pelaku usaha kecil tersebut.

"Penghapusan Zona Usaha mengganti dengan zona terbatas artinya ijin usaha bisa di jalan kota yang bisa dilalui kendaraan roda empat," tandas wartawan senior yang memimpin berbagai media ini.

REL/FIK

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077