21 Juni 2019 | Dilihat: 1963 Kali
KEBUDAYAAN MELAYU KALIMANTAN BARAT SARAT DENGAN FILOSOFI
noeh21
 

HiTvBerita.com - PONTIANAK | Kebudayaan Melayu di Indonesia, khususnya Melayu Kalimantan Barat diharapkan dapat go Internasional. Kebudayaan Melayu itu sendiri sangat unik serta penuh makna.  Hal itu disampaikan Heri Bastaman, Kepala. Biro Aset Provinsi Kalimantan Barat, saat ditemui Media Online Indonesia (MOI) di Rumah Adat Melayu Jalan Sultan Syahrir Kecamatan Pontianak Kota,Kamis (20/06/2019).

Heri Bustaman, mengutarakan bahwa di Kalimantan Barat ada 14 Kabupaten dimana adat istiadat mereka berbeda beda maknanya, begitu pula cara-cara ritualnya yang semarak dengan berbau keagamaan yang kental sekali. Setiap Topi (Tanjak) ada makna tertentu, disini tanjak itu sendiri ada tingkatan tertentu, pakaian teluk belanganya dan tari-tariannya.

“Hal tersebut sedikit sekali orang mengetahui, untuk itu Media Online Indonesia dengan memuat berita-berita yang aktual dan terpercaya sehingga dapat membantu agar anak-anak penerus bangsa Indonesia untuk lebih mencintai kebudayaan Melayu dan budaya budaya lainnya. Indonesia penuh dan kaya akan kebudayaan serta sejarah dimana sudah mulai terkikis,” ujar Heri Bastaman yang juga sebagai Kepala Badan pengelolaan Aset Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kalimantan Barat.

Contohnya, lanjut Heri, Bambu Runcing (Bambu Kuning)  yang ada di bundaran Universitas Tanjung Pura (Untan) itu bukanlah sekedar hiasan sebagai pemanis jalan, namun ada arti khusus. Ini juga perlu diketahui oleh seluruh masyarakat terutama para pengguna jalan yang setiap hari melintas dijalan tersebut.

Sebagai Kepala Pengelola Aset MABM dan Kepala Biro Aset Provinsi Kalimantan Barat, dirinya merasa prihatin, dimana setiap mengadakan acara (Event) hanya habis disitu saja tidak ada kelanjutannya. Untuk itu, organisasi Media Online Indonesia, bisa memperkenalkan kebudayaan Melayu Kalimantan Barat agar dapat lebih di kenal baik di Indonesia maupun Luar Negeri.

“Kebudayaan Melayu Kalimantan Barat, sangat sarat dengan filosofi arti Tanjak, Teluk Belanga', Tari-tarian Jepin, Bambu dan lainnya. Pastinya, tidak kalah menarik untuk di simak serta di publikasikan,” pungkasnya.
 

Untuk sekedar diketahui, pada bulan November 2019 mendatang, Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat akan menyelenggarakan event kebudayaan melayu. Event tersebut berisikan rangkaian acara, diantaranya :   
- Seminar yang akan diisi oleh nara sumber dari Universitas Kebangsaan Kuala lumpur Malaysia dan beberapa Nara sumber lainnya.
- Pameran hasil karya, sebagai kreasi Industri.
- Pelatihan pelatihan (  work shop )

Yang akan di sajikan dalam pameran tersebut.

- Motif Melayu (Indentitas)
- Motif Melayu dari masa ke masa.
- Aplikasi motif Melayu ke Bangunan.
- Pakaian
- Pernak pernik ( acesories )

Semoga Event yang di adakan oleh MABM, dapat di hadiri dan di ikuti, oleh para wisatawan seluruh Nusantara juga dari di saksikan oleh wisatawan Manca Negara.

RELLAWATI

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077