10 Juli 2019 | Dilihat: 209 Kali
RITUAL ADAT BONTANG HAJAT DISAMBUT ANTUSIAS WARGA
noeh21
 

HiTvBerita.com - TAMIANG LAYANG |  Setelah lama tidak pernah diselenggarakan, akhirnya Acara Ritual Adat Asli Dayak Maanyan Bontang kembali dilaksanakan Keluarga Hengky A Garu di Watas Desa Jaar Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur.

Warga Barito Timur yang mayoritas berpenduduk Dayak Maanyan ini sangat senang dan antusias sekali menyaksikan Riual Adat Bontang Hajat yang diselanggarakan kembali.
“Rituan Adat Bontang Hajat ini  diselenggarakan sebagai bentuk ungkapan syukur serta bayar Nazar kepada leluhur karena telah diberikan kesehatan, kesejahteraan dan kemakmuran serta umur yang panjang” papar Komperman Ketua Panitia Bontang Hajat, Senin (08/07/2019) petang.

Acara Ritual Adat Hajatan Tertinggi bagi Suku Dayak Maanyan yang berada diwilayah kedemangan Paju Sepuluh ini, akan diselenggarakan selama sembilan hari sembilan malam dari tanggal 08-17 Juli 2019, akan dipimpin oleh Rudek Udir selaku mantir balai, serta beberapa mantir dari Jaar, Tamiang Layang, Mangkarap dan Hayaping ini dibawah naungan Demang Paju Sepuluh.
 

Pada kesempatan itu, Rudek Udir selaku mantir  balai atau pemimpin ritual menjelaskan Ritual Adat Bontang ini adalah bentuk upacara syukuran dan bayar nazar bukan saja hanya diperuntukan bagi penganut Agama Hindu Kaharingan, tetapi bisa dilakukan siapapun sepanjang dia masih orang Dayak Maanyan.

Ritual Bontang itu sendiri, katanya dibagi menjadi dua jenis pertama Ritual Bontang Siwah yakni puncak syukur selesainya seluruh rangkaian prosesi kematian dan Ritual Bontang Hajat yakni rangkaian ritual ungkapan syukur dan bayar nazar bagi leluhur, seperti yang dilakukan oleh Bapak Hengky A Garu ini, katanya.

“Dalam Ritual Bontang Hajat yang digelar kali ini akan diselenggarakan selama sembilan hari sembilan malam dengan mengorbankan  sedikinya 80 ekor ayam, 20 ekor Itik, 4 ekor Babi, 2 ekor Kambing serta 1 Ekor Kerbau, tersebut akan dilaksanakan oleh para mantir dan ditutup dengan acara Miempu atau Balian Dadas” pungkasnya.

Acara Ritual Adat Bontang Hajat ini dimulai dengan prosesi papas pali yang ditandai dengan memasukan tengkorang leluhur ke balai sebagai tempat pusat acara ritual, yang diiringi dengan tarian kegembiaraan sepanjang acara berlangsung.

SAIDUL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077