23 Desember 2018 | Dilihat: 193 Kali
JARINGAN TELEKOMUNIKASI PASCA TSUNAMI SELAT SUNDA NORMAL
noeh21
 

HiTvBerita.com – JAKARTA| Jaringan telekomunikasi pascatsunami di kawasan pesisir barat Provinsi Banten dan Lampung Selatan tetap berjalan normal. Tsunami yang melanda pada Sabtu (22/12) malam itu tidak mengakibatkan kerusakan pada infrastruktur telekomunikasi seluler.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Ferdinandus Setu mengungkapkan, secara umum layanan telekomunikasi seluler telah berjalan normal sampai dengan pagi ini pukul 07.00 WIB. Namun memang ada beberapa BTS yang tidak bisa berfungsi normal karena listrik padam di sejumlah kawasan Banten dan Lampung Selatan.

Operator telekomunikasi, lanjut Ferdinandus, tengah melakukan pemulihan pasokan catu daya listrik dengan mobile backup power. "Tim lapangan tengah standby dan menuju lokasi BTS untuk menyiapkan genset atau melakukan penggantian baterei sebagai catu daya BTS di kawasan yang mengalami pemadaman listrik," katanya, Minggu (23/12/2018).

Adapun kondisi jaringan Telkom di STO Kalianda, STO Ciwandan, STO Pasauran, dan STO Labuhan semua dalam kondisi aman dan bisa beroperasi. "Melalui kesempatan ini, Kementerian Kominfo menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana tsunami yang terjadi di Selat Sunda," tutur Ferdinandus Setu.

Tak lupa, pihaknya juga mengimbau agar pengguna internet dan media sosial tidak menyebarkan hoax atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya berkaitan dengan bencana tsunami Selat Sunda ini.
 

Sementara itu, jaringan telekomunikasi milik Smartfren juga dipastikan berjalan normal. "Sehubungan dengan terjadinya tsunami yang menerjang Banten, dapat kami sampaikan bahwa layanan Smartfren tetap berfungsi secara baik dan optimal," terang Presiden Direktur Smartfren Merza Fachys.

Selain itu, guna memberikan jaminan pelayanan, Smartfren juga tetap memantau 24 jam penuh di area tersebut. "Kami turut berbela sungkawa atas kejadian tersebut serta timbulnya korban jiwa dan kerugian materi," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan operator telekomunikasi Telkomsel. Jaringan milik perusahaan plat merah itu menyebut bahwa BTS Telkomsel tidak terkena air akibat gelombang tinggi, sehingga masih berjalan normal.

Namun memang ada beberapa layanan BTS yang tidak berfungsi akibat padamnya arus listrik dari PLN. "Upaya Pemasangan Genset pada BTS yang padam listriknya sedang dilakukan agar layanan Komunikasi kembali pulih," terang Aldin Hasyim, Manager Corporate Communication Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

General Manager External Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menambahkan, saat ini timnya sudah berhasil masuk ke lokasi pengungsian dan perawatan korban di Puskesmas Cinangka. Namun di sana rupanya tidak aman karena masih dekat pantai sehingga harus berpindah ke lokasi lebih aman.

Selain memantau kondisi, pihaknya juga menyerahkan bantuan awal seperti makan, minuman, selimut, dan lainnya. "Hingga saat ini jaringan Telkomsel sudah 99 persen kembali berangsur normal," jelas Denny Abidin.

IQBAL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077