28 Juni 2019 | Dilihat: 204 Kali
POLRES PALANGKARAYA ADAKAN BHAKTI SOSIAL
noeh21
 

HiTvBerita.com - PALANGKARAYA | Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-73, jajaran Polres Palangkaraya mengadakan bhakti sosial dengan mengadakan kerja bakti sejak pukul 07.30 WIB di rumah Pahlawan Nasional “Tjilik Riwut” yang terletak Jalan Sudirman Kota Palangka Raya, Jum’at (28/06/2019).

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar  SIK MSi, dengan melibatkan personel TNI-Polri dan Pemerintah Daerah. Tujuan kegiatan ini selain untuk membersihkan halaman rumah kediaman bapak Tjilik Riwut juga untuk memupuk rasa cinta pada para pahlawan.

”Dalam rangka peringatan hari Bhayangkara Ke-73 kita bersama personel TNI dan Pemda melakukan korve di rumah Pahlawan Nasional yang juga Gubernur Kalteng pertama. Ini sebagai wujud rasa hormat dan cinta kita pada para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan bangsa kita. Karena bangsa yang besar adalah bangsa menghormati jasa para pahlawan,” ucap AKBP Timbul RK Siregar SIK MSi.
 

Kegiatan bersih-bersih dalam rangka Hari Bhayangkara Ke-73 di isi dengan memotong rumput, mencat dan merapikan taman di seputaran kediaman Tjilik Riwut yang saat ini di gunakan sebagai cafe dan resto.

Seperti di ketahui Tjilik Riwut adalah putra Dayak yang pada masa kemerdekaan yang ikut memperjuangkan kemerdekaan bagi wilayah Kalimantan Tengah. Lahir di Kasongan, Katingan Kalimantan Tengah pada tanggal 2 Pebruari 1918 dan meninggal di Rumah Sakit Suaka Insan, Banjarmasin pada tanggal 17 Agustus 1987, serta dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Sanaman Lampang, Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Atas jasa-jasanya untuk memperjuangkan kemerdekaan RI serta partisipasi dan perannya dalam membangun Kalimantan Tengah, pada masa pemerintah BJ Habibie, Tjilik Riwut ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional Indonesia dan namanya diabadikan pada berbagai tempat di Kalimantan Tengah, seperti Bandara Palangka Raya serta jalan terpanjang di Kalimantan Tengah yaitu antara jalan dari Palangka Raya sampai dengan daerah Kotawaringin yang berjarak lebih kurang 300 km.

FICKROEL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077