17 Juli 2019 | Dilihat: 153 Kali
Sat Lantas Polres Bartim
SOSIALISASIKAN TUJUH PROGRAM FOKUS ROAD SAFETY KEPADA ANAK SEJAK DINI
noeh21
 

HiTvBerita.com- TAMIANG LAYANG| Tanpa mengenal lelah dan bosan, Polres Kabupaten Barito Timur (Bartim), Provinsi Kalimantan Tengah, terus lakukan sosialisasi tentang keselamatan berlalulintas. Kali ini giliran SMPN 3 Satu Atap Paju Epat, SMAN 2 Paju Epat serta SDN 1 Juru Banu yang disasar oleh Sat Lantas Polres Bartim guna diberikan pembekalan terkait Safety Riding saat berkendaraan yang aman.

Kasatlantas Polres Bartim, Iptu H.Sugeng, S.E melalui Kanit Dikyasa Polres Bartim, Aipda Wangsit mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan kegiatan tersebut sebagai bentuk upaya penerapan tentang tata cara berlalulintas serta larangan yang patut di taati.

"Kita terus lakukan sosialisasi ke setiap sekolah walaupun jauh tetap kita datangi, tujuannya adalah  untuk memberi pemahaman kepada anak sejak dini, agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan, di samping itu agar sekiranya anak atau pelajar ini dapat mengerti aturan dan larangan dalam berlalulintas", ucapnya kepada HiTvBerita, di Tamiang Layang, Selasa (16/07/2019).

Menurutnya kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi anak-anak yang belum menguasai atau memahami larangan dan aturan dalam berlalulintas, pemahaman dalam Safety Riding serta pasal-pasal tentang pelanggaran berlalulintas.

"Mulai sejak dini kita berikan penjelasan keselamatan berlalu lintas, penjelasan tentang cara berkendaraan yang benar, Pasal-pasal tentang melanggar Lalu Lintas, Safety Riding dan cara benar memakai Helm. Semua kita arahkan agar anak dapat memahami dan menghindari dari kecelakaan berlalulintas", jelas Wangsit.

Pihaknya di dampingi oleh dewan guru, terus mensosialisasikan 7 (tujuh) Fokus Road Safety Sebagai berikut :

Tidak Menggunakan Helm SNI.
Berkendara Dalam Keadaan Mabuk.
Melebihi batas kecepatan maximal.
Pengedara dibawah Umur.
Tidak menggunakan Sabuk Keselamatan.
Menggunakan HP saat Berkendara.
Berkendara melawan arus.

Dalam kegiatan tersebut, Wangsit juga menghimbau anak-anak di bawah umur agar tidak mengemudikan kendaraan bermotor, pihaknya juga mengajak kepada para Pelajar SMPN 3 Satu Atap  SDN 1 Juru Banu dan SMAN 2 Paju Epat untuk menjadi pelopor keselamatan Berlalu Lintas.

Sejauh ini pihak kepolisian terus melakukan sosialisasi ke sekolah lain untuk membentuk karakter anak tertib, disiplin dan menciptakan keamanan yang kondusif.

SAIDUL
 

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077