16 Desember 2018 | Dilihat: 213 Kali
SUARA MISTERIUS DI LANGIT PANTURA
noeh21
 

HiTvBerita.com – PEKALONGAN | Dengungan misterius yang terdengar di langit Pantura Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Jumat dini hari (14/12/2018), hingga kini belum diketahui pasti sumbernya. Banyak warga yang berspekulasi suara itu berasal dari bunyi mesin pesawat Antonov AN-12BP yang sedang terbang melewati Pulau Jawa.

Namun, TNI Angkatan Udara (AU) membantah dugaan itu. Melalui akun twitter resminya, TNI AU menyebut jika itu adalah pesawat Antonov, maka sudah terpantau.

Sebelumnya, spekulasi bunyi dengungan misterius adalah suara pesawat yang dilontarkan oleh Airnav Semarang. Dalam keterangan pers kepada sejumlah media, Airnav meyakinkan masyarakat bahwa suara itu bersumber dari pesawat.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Semarang tengah menyelidiki munculnya fenomena suara misterius di langit sekitaran Pantura, Jawa Tengah dini hari tadi. Suara yang muncul dipastikan bukan dari fenomena cuaca.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang Iis Widya Harmoko mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum bisa memastikan asal suara tersebut.
"Info yang diterima dari BMKG Ahmad Yani belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya seperti dengan baling-baling atau propeller," kata Iis.
 

Suara pesawat, lanjut Iis, bisa terdengar jika pesawat itu terbang di bawah 24 ribu kaki. Saat suara terdengar sekitar pukul 01.00 WIB, tidak terlihat adanya penampakan pesawat karena langit tengah berawan.
"Yang jelas bukan fenomena cuaca yang menyebabkan suara tersebut," terang Iis.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Stasiun Geofisika kelas III Banjarnegara, Setyoajie Prayodhie. Menurutnya, setelah ia mengecek video yang beredar di media sosial tersebut, ia menilai itu adalah suara pesawat jenis jet.
“Soalnya kalau kita jam segitu, enggak ada aktivitas kegempaan di wilayah Jateng. Saya juga konfirmasi teman-teman meteorologi, mereka juga bilang itu pesawat,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang diterima, pada saat terdengar suara itu memang ada pesawat yang melintas. Di sisi lain, aktivitas cuaca juga normal-normal saja.
“Kalau memang info yang tersebar memang ada pesawat lewat jam segitu, (pesawat) antonov kalau nggak salah, cuma saya belum bisa klarifikasi benar atau bukan,” pungkasnya.

EKA SEFTY

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077