22 Desember 2018 | Dilihat: 274 Kali
MAU LIBURAN TAHUN BARU ? KE PANTAI LASKAR PELANGI SAJA
noeh21
 

HiTvBerita.com – TANJUNG PANDAN | Liburan Natal dan Tahun Baru akan segera tiba, sudah ada rencana akan berlibur kemana. Jika belum, ke Belitung bisa jadi pilihan. Banyak pantai menawan, salah satunya Pantai Laskar Pelangi atau Pantai Tanjung Tinggi. Yuk!

Belitung dikenal dengan sebutan negeri Laskar Pelangi dengan pantai-pantai cantiknya. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tingi yang harus kamu kunjungi saat liburan ke Belitung.

Tanjung Tinggi adalah pantai yang diapit oleh dua semenanjung, yaitu tanjung Kelayang dan tanjung Pendam. Nama Tanjung Tinggi diambil dari kata tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi yang artinya pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi.

Sebagai salah satu tempat wisata di pulau Belitung, letaknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan berjarak sekitar 31 km dari kota Tanjung Pandan. Pantai ini memiliki area seluas 80 hektar, berpasir putih, dan terdapat ratusan batu granit besar yang tersebar di kedua semenanjung dan juga di laut di depan pantai.

Ukuran granit mulai dari beberapa meter kubik hingga ratusan meter kubik lebih besar dari sebuah bangunan sebesar rumah, sehingga menjadi tempat wisata ungulan di Pulau Belitung.

Tanjung Tinggi juga dinamakan Pelabuhan Bilik. Dahulu tempat ini adalah pelabuhan nelayan bagi desa terdekat Keciput atau Tanjung Tinggi. Di pantai ini tidak perlu khawatir dengan serangan ikan hiu, karena tidak pernah terjadi di Belitung. Satu-satunya yang kadang-kadang harus diwaspadai adalah ubur-ubur, khususnya yang besar.

Fasilitas lain di Pantai Tanjung Tinggi ini lumayan memadai. Karena tidak jauh dari lokasi pantai terdapat hotel bagi anda yang ingin menginap. Selain itu disana juga terdapat warung-warung yang menyediakan berbagai macam makanan seafood.
 

Pantai Tanjung Tinggi berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Terletak di sebelah utara pulau Belitung, jaraknya 37 km dari pusat kota Tanjungpandan.

Pantai ini berbentuk lekukan busur derajat yang dengan diameter kira-kira 100 m dengan susunan batu-batu granit yang ada di dua sisi pantai. Di sepanjang pantai kita akan melihat panorama pemandangan yang mengesankan dan unik dari pantai - pantai yang ada.

Pasirnya putih dan airnya jernih, kita dapat berenang di karenakan kecilnya gelombang dan lambatnya arus air laut, tapi yang lebih menarik adalah sedikitnya perbedaan antara pasang naik dengan pasang surut.

Jika kita baru melihat kondisi underwater di Pantai Tanjung Tinggi, kita akan disambut oleh ratusan hingga ribuan ikan Atherinomorus sp yang berkelompok membentuk formasi yang artistik (schooling).

Setelah itu kita akan menjumpai lapisan lamun yang didominasi oleh jenis Cymadocea, ditemukan pula jenis Thalassia dan jenis lamun Halophilla namun jumlahnya sangat sedikit. Terlihat lapisan makroalga yang didominasi oleh Padina dan Sargasum. Kadang dijumpai pula jenis makroalga Tubinaria.

Semakin kearah tengah dan perairan lebih dalam, kita baru menjumpai karang massif kemudian baru diikuti oleh jenis terumbu karang lainnya. Ketika melihat karang di kawasan pantai ini, kita akan langsung mengerti bahwa sebenarnya terumbu karang di pantai ini kondisinya tidak sehat.

Hal ini karena karang tersebut terbuka atau kering saat air laut surut rendah. Ini dapat dilihat pada lapisan karang bagian paling dekat dengan permukaan tampak mati dan kemudian tertutup oleh makroalga dan mikroalga. Kecuali pada bagian yang lebih dalam, kondisi karangnya lebih baik dan beragam.
 

Namun, lapisan terumbu karang dipantai ini tidak panjang dan luas sehingga karang yang terlihat hanya sedikit. Tampak terdapat karang Acropora branching, karang Acropora tumbulate, foliose, mushroom dan karang massif. Selain itu ditemui pula jenis akar bahar dan softcoral namun jumlahnya sangat sedikit.

Beberapa waktu lalu, HiTvBerita.com sempat mengunjungi Belitung dan bermain ke Pantai Tanjung Tinggi. Awal mula kaki menginjak kawasan pantai, mata langsung di hipnotis oleh birunya air dan sejuknya angin laut.

Yang membuat pantai di Belitung berbeda dari pantai lainnya di Indonesia adalah bebatuan granitnya. Puluhan batuan granit raksasa beragam ukuran menghiasi pantai dan terlihat sangat instagramable. Begitu juga dengan Pantai Tanjung Tinggi yang memiliki bebatuan granit raksasa di kedua ujung pantai.

Perlu nih traveler ketahui, salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi ada di pantai ini. Bahkan saat ini, sudah didirikan sebuah prasasti yang menegaskan pantai ini sebagai lokasi syuting. Karena itulah, Pantai Tanjung Tinggi juga disebut dengan Pantai Laskar Pelangi.

Jika traveler suka mencari sudut-sudut instagramable, jangan hanya bersantai-santai di pinggir pantai saja. Namun jelajahi juga bebatuan granit di sana. Sejatinya dibalik bebatuan granit raksasa tersebut juga ada pemandangan pantai yang tak kalah menarik.

Bebatuan beragam ukuran tersebar di pinggir pantai. Traveler boleh-boleh saja naik ke atas batu untuk mengambil foto. Namun harus hati-hati, karena ada bagian bebatuan yang juga licin.

Setelah puas bermain air dan hunting foto, traveler bisa bersantai di warung-warung yang ada di pinggir pantai. Akan lebih nikmat panas-panas begini minum es kelapa muda. Sruup! Langsung sejuk seluruh badan.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk liburan Tahun Baru di Belitung.

IQBAL

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077