03 Juni 2019 | Dilihat: 274 Kali
TRAVELLING AMAN BAGI WANITA
noeh21
 

HiTvBerita.com - JAKARTA | Nayadini, seorang solo traveller berhijab yang sudah melanglang buana ke berbagai tempat wisata. Tak tanggung-tanggung mulai dari laut sampai pegunangan sudah disambangi wanita yang akrab disapa Naya.

Sebagai seorang solo traveller tentunya Naya harus mempersiapkan segala sesuatu secara matang agar setiap perjalanan terasa nyaman dan aman.

Saat ditemui HiTvBerita.com Naya membeberkan beberapa tips agar Travelling terasa aman khusunya bagi para muslimah. Berikut tipsnya :

1.Mendapatkan Izin Orangtua

Izin orangtua adalah hal pertama yang patut dimiliki saat berpergian. Agar orangtua tidak merasa khawatir. Yang terpenting buatlah orangtua percaya saat travelling perjalanan aman dan kita tidak merepotkan orang lain.

Hal ini sudah dipraktikkan oleh Naya sendiri, ketika mengikuti program Youth Adventure. Kala itu, Naya di Jogja bersama 2 orang temanya, dengan bekal uang seratus ribu dirinya harus menempuh perjalanan ke Jakarta. Naya pun berhasil melewati rintangan tersebut. Sejak saat itu sang bunda memberikan Naya kepercayaan serta izin jika ingin travelling.

2. Mengenali Rekan Seperjalanan

Kenal dengan teman merupakan kunci keamanan saat travelling. Seorang traveller hendaknya mengenal teman-temanya, jangan pernah pergi jika sebelumnya tidak pernah jumpa atau saling menyapa. Usahakan rekan travelling tersebut juga kenal dengan orangtua.

3.Jangan Terlalu Fokus Dengan Gadget

Jangan memainkan gadget saat sedang berwisata, karena hal ini dapat mengalihkan perhatian. Fokus saat travelling jadi bercabang dan tidak akan menikmati perjalnan itu sendiri. Gunakan gadget untuk hal penting saja seperti swafoto atau menggunakan aplikasi maps.

4. Tetap Berhati-hati

Hati-hati merupakan hal yang patut kita tanamkan saat pergi jauh, karena mungkin saja kita akan bertemu dengan orang jahat yang sama sekali tidak kita kenal. Bawalah alat-alat untuk keamanan seperti pepper spray. Jika memiliki kemampuan beladiri mungkin akan lebih membantu lagi.

5. Berbaur Dengan Lingkungan Sekitar

Rasa aman akan terbentuk ketika kita tahu betul dengan lingkungan sekitar. Perasaan was-was dengan sendirinya akan mencair jika telah mengenal lingkungan terutama masyarakat daerah tersebut. Jadi, jika sedang travelling lebih baik menganali lingkungan sekitar dari pada terus menerus berprasangka buruk.

Nah, tunggu apalagi muslimah tidak perlu khawatir untuk berpetualang, jadi tunggu apalagi mari jelajahi pesona Indonesia.

OTHONE

Alamat Redaksi/ Tata Usaha

GRAHA HIJRAH INSANI
Jalan Poncol, Gang Koperasi RT.003/ RW. 007
Kelurahan Ciracas, Kecamatan Ciracas,
Jakarta Timur 13740
Telp. 021-22328077